Bisnis Agensi Penyedia Penonton Bayaran

Bisnis Agensi Penyedia Penonton Bayaran

...

Dalam prinsip berbisnis, keuntungan kecil akan terasa besar jika dibarengi dengan kuantitas. Prinsip tersebut tentu saja menjadi motor penggerak bisnis penyedia penonton bayaran.

Menurut Elly, bayaran yang diberikan pihak televisi dalam satu program bervariasi. "Setiap kepala (penonton) honornya berkisar antara 15 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah tergantung acaranya. Bahkan kita juga kadang dibayar per paket, misalnya paket harian atau paket episode. Per dua episode 80 ribu atau harian misalnya 100 ribu, tergantung kesepakatan dan aturannya," ujar Elly.

Jenis acara juga mempengaruhi jumlah rupiah yang diterima per orangnya. "Ada acara live (siaran langsung), live taping atau taping terus acara musik, acara talk show dan lainnya. Semua berbeda tarifnya sesuai kesepakatan di awal," terang Elly.

Untuk pesanan khusus penonton yang 'berkelas' dengan dandanan dan busana ala artis dalam acara-acara tertentu, Elly juga mematok harga yang berbeda dengan acara lainnya. "Itu namanya figuran, bisa sampai 150 rupiah," ujarnya.

Dari honor yang diberikan pihak penyelenggara, Elly mengaku hanya mengutip 5 ribu sampai 10 ribu rupiah. "Kalau dirata-rata, dalam satu bulan penghasilan bersih 20 sampai 25 juta rupiah," terang Elly.

"Itu penghasilannya sudah menurun juga karena banyak saingan. Kalau dulu di awal-awal bisa sampai 50 sampai 70 juta rupiah per bulannya," imbuhnya.

Menariknya, honor setiap penonton berbeda-beda tergantung dari posisi duduk mereka. "Biasanya kami membagi dalam tiga saf. Saf pertama tentu dipilihkan yang bagus-bagus (cantik, menarik dan kamera face) dengan dandanan yang berbeda karena mereka pasti disorot. Di saf kedua yang sedang-sedang saja dan di saf yang ketiga banyak berperan untuk seru-seruan," ujar Koko salah satu korlap Nia Agensi.

"Honornya tentu berbeda atara saf yang terdepan dengan yang dibelakang. Itu memang sudah kebijakan dan strategi dari agensi," imbuhnya.

Dalam satu hari, rata-rata Elly dan Nia Agensi mampu memasok 2 sampai 3 program televisi. "Jangan dihitung episodenya karena kadang-kadang itu satu paket dalam satu program televisi," ujar Elly.

"Kalau lagi ramai bisa sampai tiga program di stasiun televisi yang berbeda," terang Koko yang mengaku agensi tempat dirinya bekerja biasa memasok penonton ke MNCTV dan Global TV.

...

http://star777diary.blogspot.co.id/2017/12/bisnis-agensi-penyedia-penonton-bayaran.html

http://www.beritasatu.com/msnfeed/53047-hasilkan-ratusan-juta-rupiah-dari-tepuk-tangan.html